BERITA

Road show final bimtek manajemen & pembuatan laporan keuangan, Dekopinda sekaligus launching SimakkKop bersama Diskoperindag dan UKM Sumbawa

Minggu, 31 Maret 2024   HRS   9424  

Setelah road show bimbingan teknis (bimtek) manajemen syariah dan pembuatan laporan keuangan untuk gerakan koperasi di wilayah timur dan barat Sumbawa, pada Kamis, 14 Maret 2024 bertempat di Aula Diskoperindag dan UKM Sumbawa, Dekopinda bekerjasama dengan Bidang Koperasi Diskoperindag dan UKM kembali menyelenggarakan bimtek laporan keuangan untuk gerakan koperasi di wilayah tengah Kabupaten Sumbawa. Agenda yang sekaligus dirangkaikan dengan launching Sistem Manajemen Akuntansi, Keuangan Koperasi (Simakk Kop) oleh Kepala Diskoperindag dan UKM yang diwakili Sekretaris Dinas.

Hadir dalam agenda tersebut 20 (dua puluh) pengurus/ pengawas yang mewakili gerakan koperasi wilayah tengah Sumbawa, jajaran pengurus Dekopinda Sumbawa, perwakilan Bidang Koperasi serta Kepala Diskoperindag dan UKM Sumbawa yang diwakili Sekretaris Dinas (Sekdis).

Dalam sambutannya, Ketua Dekopinda Sumbawa, Rai Saputra SIP. mengucapkan syukur karena road show bimtek manajemen syariah dan keuangan koperasi sudah berada pada tataran pelaksanaan final. Kemudian Rai kembali menekankan pentingnya tema yang dibahas dalam bimtek karena terkait support manajemen koperasi dalam menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai kewajiban pengurus mempertanggungjawabkan operasionalisasi koperasi.

"Dekopinda dalam fungsi fasilitator penguatan gerakan koperasi, merasa perlu memediasi kelancaran berjalannya RAT gerakan koperasi di Sumbawa sesuai aturan, karena fakta koperasi di Sumbawa yang RAT masih di bawah 50% dari total koperasi yang ada. Sehingga dirasa perlu penguatan pola manajemen dan keuangan koperasi. Hal yang diharapkan dari disiplin RAT ini juga dapat lahir koperasi yang profesional yang ke depan dapat berkontribusi dalam pemajuan perekonomian daerah." Jelas Rai.

Kemudian dalam sambutan selanjutnya , Sekdis Diskoperindag dan UKM Sumbawa, Zulkifli mengapresiasi langkah nyata Dekopinda Sumbawa mendukung gerakan pemajuan koperasi di Sumbawa. Khususnya dalam melahirkan koperasi yang handal dan profesional. "Saya mewakili Kadiskop UKM Sumbawa berterima kasih atas kolaborasi Dekopinda dan Dinas. Kami yakin bahwa landasan prinsip perekonomian Indonesia adalah koperasi dengan asas kekeluargaan nya. Sehingga sudah saatnya Koperasi berkontribusi positif dalam pemajuan ekonomi daerah. Tinggal sentuhan penguatan manajemen dan keuangan yang disempurnakan melalui bimtek SimakkKop ini, untuk melahirkan banyak koperasi yang kredibel. Dengan ini sekaligus sya mewakili Kadiskop UKM Sumbawa melaunching aplikasi keuangan yang sangat memudahkan koperasi dalam memanaj laporan keuangan, aplikasi yang diberi nama SimakkKop." Sambut Sekdis yang baru menjabat seminggu di Diskoperindag dan UKM Sumbawa ini.

Setelah paparan sambutan, agenda dilanjutkan dengan bimtek. sesi awal diisi oleh Ketua Dekopinda Sumbawa, Rai Saputra SIP. yang menyampaikan terkait manajemen koperasi syariah.

Dalam pemaparannya, Rai mengulas tentang arti penting koperasi mempraktekkan sistem ekonomi syariah dalam operasionalisasi nya. "Sistem yang berbasis Ilahiah ini merupakan sistem yang begitu sempurna berasal dari Sang Pencipta Yang Maha Berilmu, yang mengandung nilai nilai kemuliaan seperti produktivitas, keadilan, keselamatan dan keseimbangan. Sehingga manajemen koperasi akan dituntut untuk berfikir strategis, Berdaya guna serta mengaplikasikan skema ekonomi syariah seperti kaedah jual beli, kerjasama, tolong menolong dan layanan jasa yang dituntut untuk mengkawal sistem perekonomian berjalan adil dan proporsional sebagai wujud pertanggungjawaban kepada Allah SWT." Jelas Rai yang juga Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Ummat MUI Sumbawa ini.

"Dalam praktek nya, koperasi syariah BMT Insan Samawa yang kami pimpin dalam hajat penghambaan kepada Tuhan Semesta Alam, membuat visi dan misi kedirian koperasi yang diharapkan mampu mewadahi kemajuan material dan spiritual anggota, untuk menyempurnakan ketaatan kepada Allah SWT. Sehingga lahir usaha usaha sektor real berbasis pemberdayaan dan kemanfaatan baik di sektor perdagangan, pertanian, perikanan hingga peternakan untuk mewadahi massif nya produktivitas sumber daya manusia sebagai hajat melahirkan kemanfaatan untuk sesama" Tambah Rai.

Setelah bahasan manajemen koperasi syariah, termin kedua terkait bimtek pembuatan laporan keuangan disampaikan Sekretaris Dekopinda Sumbawa, L. Istiwan yang sekaligus memaparkan teknis penyusunan laporan keuangan menggunakan SimakkKop.

"Kami mengembangkan SimakkKop ini dalam rangka memudahkan Koperasi menginput buku kas yang langsung dapat terkoneksi dengan laporan keuangan hingga kebutuhan pelaporan lainnya yang dibutuhkan dalam pembuatan laporan RAT." Jelas Mamiq Is sapaan akrabnya.

"Saat ini SimakkKop mewadahi pembuatan laporan keuangan untuk jenis koperasi simpan pinjam, perdagangan dan jasa. Insya Allah kami juga akan mengikhtiarkan SimakkKop yang dapat mewadahi hajat koperasi syariah dalam penyusunan laporan keuangan nya." Tambah Mamiq.

Selepas agenda Road show Bimtek ini, Dekopinda Sumbawa berencana membuka ruang untuk setiap peserta bimtek yang ingin langsung berkonsultasi baik terkait peralihan konvensional ke syariah atau migrasi sistem ke SimakkKop di Sekretariat Dekopinda Sumbawa di komplek Diskoperindag dan UKM Sumbawa. "Kami membuka ruang konsultasi baik secara online ataupun offline kepada semua gerakan koperasi yang serius hijrah operasional maupun sistem. Semua kami layani tanpa memungut biaya sepeserpun alias gratis." Tutup Rai di akhir agenda Bimtek.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Realisasi Permodalan Syariah, Kopsyah BMT Insan Samawa dan LPDB Kemenkop & UKM melakukan Penandatanganan Akad Mudharabah

    tas ikhtiar yang telah dilakukan sejak tahun 2019 mengakses permodalan syariah dari Lembaga Penyaluran Dana Bergulir Kementerian Koperasi dan UKM (LPDB-KUMKM) Indonesia, pada Senin, tanggal 25 Maret 2024 Koperasi Konsumen Syariah (Kopsyah) BMT Insan Samawa akhirnya melakukan penandatanganan akad pembiayaan syariah (Mudharabah) dengan Pihak LPDB-KUMKM sebagai respon realisasi atas pengajuan Kopsyah BMT Insan Samawa. Penandatanganan dilakukan di Kantor Notaris Iden Yustisia M, Kn. yang dihadiri jajaran pengurus dan manager beserta pasangan dan Kepala Subdivisi Pembiayaan Syariah disaksikan oleh pihak legal LPDB-KUMKM di hadapan notaris.

    Selenggarakan Bimtek Manajemen dan Keuangan, Dekopinda Sumbawa Road show Penguatan Gerakan Koperasi di Timur dan Barat Sumbawa

    Untuk menyelenggarakan fungsi pendidikan dalam rangka penguatan kapasitas koperasi, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan Diskoperindag dan UKM Sumbawa selenggarakan bimbingan teknis (bimtek) manajemen dan keuangan untuk gerakan koperasi di Sumbawa. Agenda yang diselenggarakan pada Selasa, 27 Februari 2024 berlokasi di KUD Kita Kecamatan Plampang untuk bimtek bagi Gerakan Koperasi mencakup wilayah timur dari Maronge hingga Empang, serta pada tanggal 29 Februari 2024 untuk gerakan koperasi wilayah Barat mencakup koperasi dari Utan hingga Alas Barat.

    Selenggarakan RAT Tahun Buku 2023, Kopsyah BMT Insan Samawa Hadirkan Stakeholder Terkait Ekonomi Syariah

    Dalam rangka memenuhi kewajiban yang diamanahkan Undang-undang no. 25 tahun 1992 untuk penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan (RAT), Koperasi Konsumen Syariah (Kopsyah) BMT Insan Samawa melaksanakan RAT Tahun Buku 2023 pada Sabtu, 17 Februari 2024 di Aula Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumbawa dengan Tema RAT Membangun Koperasi Berdaya, Berasaskan Ekonomi Syariah.