BERITA

Realisasi Permodalan Syariah, Kopsyah BMT Insan Samawa dan LPDB Kemenkop & UKM melakukan Penandatanganan Akad Mudharabah

Minggu, 31 Maret 2024   HRS   76  

Atas ikhtiar yang telah dilakukan sejak tahun 2019 mengakses permodalan syariah dari Lembaga Penyaluran Dana Bergulir Kementerian Koperasi dan UKM (LPDB-KUMKM) Indonesia, pada Senin, tanggal 25 Maret 2024 Koperasi Konsumen Syariah (Kopsyah) BMT Insan Samawa akhirnya melakukan penandatanganan akad pembiayaan syariah (Mudharabah) dengan Pihak LPDB-KUMKM sebagai respon realisasi atas pengajuan Kopsyah BMT Insan Samawa. Penandatanganan dilakukan di Kantor Notaris Iden Yustisia M, Kn. yang dihadiri jajaran pengurus dan manager beserta pasangan dan Kepala Subdivisi Pembiayaan Syariah disaksikan oleh pihak legal LPDB-KUMKM di hadapan notaris.

Hadir menandatangani pihak Kopsyah, Ketua Pengurus Rai Saputra SIP. beserta pasangan, Sekretaris Pengurus Syatriya Kurniansyah M,PdI. beserta pasangan, Eni Puspitasari S, Pd., Muslimin, SE. beserta pasangan serta dari Pihak LPDB-KUMKM diwakili oleh Ibu Rima sebagai Kepala Subdivisi Pembiayaan Syariah LPDB-KUMKM yang difasilitasi perikatan oleh Notaris Iden Yustisia M, Kn.

Dalam keterangannya, disampaikan oleh Pihak Divisi Legal LPDB-KUMKM bahwa persetujuan pembiayaan yang diberikan kepada Kopsyah BMT Insan Samawa adalah pembiayaan dengan akad Mudharabah skema executing senilai Rp. 500.000.000,- tempo 3 tahun. Dengan pola realisasi dua tahap sesuai dengan capaian distribusi dana pembiayaan kepada anggota berdasarkan akad syariah baik murabahah (jual beli), ijarah (jasa) atau Mudharabah dan musyarakah (investasi berbagi hasil). Yang mana dari keuntungan pengelolaan dana tersebut akan dibagihasilkan dengan Pihak LPDB-KUMKM selain mencicil pokok pembiayaan.

Adapun dalam keterangannya, Rai mewakili pengurus berucap syukur atas capaian Kopsyah BMT Insan Samawa sehingga dapat terealisasi pembiayaan  syariah dari LPDB-KUMKM. "Kami sadari untuk dapat realisasi pembiayaan dari LPDB-KUMKM ikhtiar diberikan cukup ekstra karena persyaratan dipenuhi harus tetap disesuaikan dengan peraturan perkoperasian terbaru. Namun atas pertolongan Allah serta kerja keras dan totalitas manajemen BMT Insan Samawa, dari ikhtiar awal sejak 2019 akhirnya di 2024 ini dapat terealisasi. Atas kepercayaan diberikan kepada kami ini, insya Allah kami berikhtiar amanah mengelolanya sehingga dapat sustain bermitra." Harap Rai.

Pada kesempatan yang sama, Iden sebagai Notaris yang memfasilitasi merasa bersyukur atas terealisasinya kerjasama pengelolaan dana bergulir LPDB-KUMKM untuk koperasi syariah di Sumbawa. "Kami sebagai notaris Pejabat Pembuat Akta Koperasi (PPAK) bersyukur, karena setelah melalui tahapan panjang membersamai penyesuaian legal Kopsyah BMT Insan Samawa sehingga dapat memenuhi kriteria yang diharapkan LPDB-KUMKM, dan akhirnya dapat terealisasi sesuai apa yang diharapkan pihak Koperasi." Syukur Iden.

"Penandatanganan akad pembiayaan syariah ini merupakan langkah awal wujud realisasi atas persetujuan pembiayaan koperasi yang mengajukan ke LPDB-KUMKM, setelah ini kami berharap koperasi dapat me-maintenance permodalan yang telah kami berikan bersama anggota. Sehingga setelah realisasi awal ini jika record pengelolaan nya positif, maka tidak menutup kemungkinan kami akan segera mensupport permintaan pembiayaan berikutnya dengan mekanisme yang lebih mudah tentunya demi tumbuh dan berkembangnya koperasi." Tutup Rima mewakili LPDB-KUMKM pada sesi akhir penandatanganan akad.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Road show final bimtek manajemen & pembuatan laporan keuangan, Dekopinda sekaligus launching SimakkKop bersama Diskoperindag dan UKM Sumbawa

    Setelah road show bimbingan teknis (bimtek) manajemen syariah dan pembuatan laporan keuangan untuk gerakan koperasi di wilayah timur dan barat Sumbawa, pada Kamis, 14 Maret 2024 bertempat di Aula Diskoperindag dan UKM Sumbawa, Dekopinda bekerjasama dengan Bidang Koperasi Diskoperindag dan UKM kembali menyelenggarakan bimtek laporan keuangan untuk gerakan koperasi di wilayah tengah Kabupaten Sumbawa. Agenda yang sekaligus dirangkaikan dengan launching Sistem Manajemen Akuntansi, Keuangan Koperasi (Simakk Kop) oleh Kepala Diskoperindag dan UKM yang diwakili Sekretaris Dinas.

    Selenggarakan Bimtek Manajemen dan Keuangan, Dekopinda Sumbawa Road show Penguatan Gerakan Koperasi di Timur dan Barat Sumbawa

    Untuk menyelenggarakan fungsi pendidikan dalam rangka penguatan kapasitas koperasi, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan Diskoperindag dan UKM Sumbawa selenggarakan bimbingan teknis (bimtek) manajemen dan keuangan untuk gerakan koperasi di Sumbawa. Agenda yang diselenggarakan pada Selasa, 27 Februari 2024 berlokasi di KUD Kita Kecamatan Plampang untuk bimtek bagi Gerakan Koperasi mencakup wilayah timur dari Maronge hingga Empang, serta pada tanggal 29 Februari 2024 untuk gerakan koperasi wilayah Barat mencakup koperasi dari Utan hingga Alas Barat.

    Selenggarakan RAT Tahun Buku 2023, Kopsyah BMT Insan Samawa Hadirkan Stakeholder Terkait Ekonomi Syariah

    Dalam rangka memenuhi kewajiban yang diamanahkan Undang-undang no. 25 tahun 1992 untuk penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan (RAT), Koperasi Konsumen Syariah (Kopsyah) BMT Insan Samawa melaksanakan RAT Tahun Buku 2023 pada Sabtu, 17 Februari 2024 di Aula Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumbawa dengan Tema RAT Membangun Koperasi Berdaya, Berasaskan Ekonomi Syariah.